Kamis, 19 Maret 2015

Sajak Sebatang Lisong - Ws.Rendra

         <center><iframe width="420" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/lPUX5s-NQLM" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></center>


·       I.      PROLOG. Kita mengenal kepenyairan Rendra mengerikan, mencekam. Keras. Sajaknya kebanyakan terlihat selalu memprotes apa yang meresahkan kita. Setidaknya, membenarkan apa yang salah. Tentang ketidakadilan, kesemena-menaan yang berteriak dalam sajak. Menjijikkan itu! Meski sebelumnya, kau mengelak dari sana: menulis tentang anggur dan rembulan. Dan sajakmu telah bersungguh-sungguh bermetamorfosis. Bersyukurlah karena Negeri Paman Sam mendidikmu. Ah, Rendra, melantanglah lagi kepada yang belum bersetubuh dengan Blues Untuk Bonnie. Buat apa kau teriak-teriak bodoh, berdemonstrasi tersirat yang konyol; kalau kumpulan sajak liarmu masih sedemikian bertumpuk. Bodohlah mereka yang kau catat. Ah, bukan. Bodohlah mereka yang apatis terhadap beragam persoalan di Negerinya. Rendra, kau sastrawan yang baik, dan lengkap: berpuisi sekaligus mempuisikan. Meski diksi puisimu konvensional, tak menyuling kata terlalu puitis. Tapi totalitas bertutur tentang protes sosial yang mendalam, yang berisik didengar. Lebih dari sekedar mengancam: biar tuli sekalian. Rendra, izinkanlah saya untuk menghisap lisongmu.
·          


II.  DIALOG. Bukan monolog. Spada! Kita masuk kepada konten sajak. Apa yang termakna pada tiap-tiap baris kata. Sajak protes ini mungkin benda mati, tapi tak menutup kemungkinan dapat bernafas: dialogis. Ada subjek-objek yang bercakap-cakap walau diam. Ada kata-kata yang memberontak meski pantang berlarian. Baiklah, nyanyikan.

Bait pertama: introduksi. Sajak Sebatang Lisong bicara tentang situasi: keadaan Negara kita yang tidak sebagaimana mestinya. Tapi belum diperjelas sampai palungnya. Hanya sebatas pengantar yang terdiorama singkat. Ada tiga kata kerja tanpa subjek yang disebut secara eksplisit: menghisap, melihat dan mendengar. Siapa yang melakukan? Bisa ditebak. Kalau dicermati, yang menghisap Lisong adalah para petinggi kita yang membaca keadaan sebuah Negeri: Menghisap sebatang lisong/ melihat Indonesia Raya/ mendengar 130 juta rakyat. Lalu ada kata ‘cukong’ yang mewakili segala yang tidak beres: korupsi, penyelewengan, tindak penindasan, atau praktek dehumanisasi haram yang lain; dua tiga cukong dengan sehina-hinanya, melakukan kesenangannya di atas kaum-kaum yang ‘kecil’: mengangkang/ berak di atas kepala mereka.

Bait kedua: tentang waktu. Tergambar jelas di suasana pagi: Matahari terbit/ fajar tiba. Barangkali penyair berangkat dari jejaknya memandang anak-anak yang seharusnya sekolah, malah bekerja paksa: mengamen atau mengemis. Mungkin juga bekerja serabutan seperti buruh pendirian rumah yang tak layak, karena diupah semau gue. Atau yang paling buruk: putus sekolah. Ah, nak. Seharusnya kau sedang duduk di bangku-bangku kayu. Dan mendengarkan pendidik memanusiakanmu di pagi yang hangat. Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak/ tanpa pendidikan.

Bait ketiga: sasaran pertanyaan. Aku bertanya/ tetapi pertanyaan-pertanyaanku/ membentur meja kekuasaan yang mecet. Penyair menekankan kalau sajaknya berisi pesan pertanyaan dari rakyat. Sasaran pertanyaan kiranya meliputi para wakil rakyat. Tapi para petinggi kita sungguh kolot: tak acuh. Bahkan, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa juga apatis terhadap beragam persoalan yang melanda bangsa. Ironi. Dan papantulis-papantulis para pendidik/ yang terlepas dari persoalan kehidupan.

Bait keempat: ratapan masa depan. Kita kembali dihadapkan pada makna yang sama di bait kedua: anak-anak pekerja itu. Bagaimana penuturan Rendra menatap masa depan mereka. Dengan melihat pendidikan mereka yang terpuruk: meninggalkan kelas-kelas di mana segudang ilmu terdapat di situ. Apa yang mereka lihat di masa depannya? Ah, bodoh. Pertanyaan yang tak pantas dijawab. Seharusnya, ratakanlah pendidikan. Bukan meratakan kasus suap yang selalu tersorot lampu jalanan. Delapan juta kanak-kanak/ menghadapi satu jalan panjang/ tanpa pilihan/ tanpa pepohonan/ tanpa dangau persinggahan/ tanpa ada bayangan ujungnya.

Bait kelima: penglihatan penyair, juga waktu. Kalau dilihat baik-baik, baris-barisnya persis seperti pada bait pertama. Modelnya satu ragam. Pemaknaannya tentang situasi: kandungan bersih udara yang terlanjur berdegradasi kotor. Menghisap udara/ yang disemprot dedorant. Sepertinya, siang hari lebih banyak menyimpan debu dan asap yang jahat bagi paru-paru manusia. Dari sana, penyair kasihan menghirup beragam bau sampah jalanan; ibaratnya. Seperti mahasiswa yang terpaku pada dosen. Akibatnya, pikiran dipersempit cakupan ilmunya. Yang terjadi selanjutnya: Fresh Graduate yang meratap kelulusan paksa; yang hanya ingin niat bergelar sarjana. Aku melihat sarjana-sarjana menganggur/ berpeluh di jalan raya. Selain mahasiswa, Rendra menempatkan orang-orang yang selalu ingin dibayar, tapi malas dalam kerjanya: aku melihat wanita-wanita bunting/ antri uang pensiunan.

Bait keenam: yang melakukan. Merujuk kepada kisah di bait pertama: kalau teknokrat sedang senyum-senyum santainya di langit dan cuek melihat kondisi rakyat yang buruk. Dan di langit/ para teknokrat berkata:

Bait ketujuh: sindiran. Teknokrat bukan semata yang dielu-elukan kesalahannya, juga bangsa kita sendiri yang harusnya sadar. Sadar pada pernyataan kelam yang dicibir Rendra. Kalau bangsa kita masih awam pikirannya: tak mau berbenah diri, lalu gaptek; atau tak mau melek soal perkembangan iptek. Diibaratkan: guru-guru kita yang masih terjerat sistem pada pengajarannya. Mereka malas kreatif. Bahwa bangsa kita adalah malas/ bahwa bangsa mesti dibangun/ mesti diup-grade/ disesuaikan dengan teknologi yang diimpor.

Bait kedelapan: pencitraan. Sepertinya ini waktu saat kumpulan burung camar beterbangan. Gunung-gunung menjulang/ langit pesta warna di dalam senja kala. Pembaca sajak atau ‘yang membacakan’ diajak mendangak ke atas: lebih melotot kepada persoalan kita. Kondisi kekinian yang selalu melukai sejarah, kalau sejarah tahu. Ah, pahlawan kita selalu menangis acap kali perang terus didendangkan, padahal status adalah merdeka. Kita diajak lebih dekat. Lebih dekat dari langkah seorang wartawan. Sekali lagi. Dan aku melihat/ protes yang terpendam/ terhimpit di bawah tilam.

Bait kesembilan: pertanyaan kembali. Aku bertanya/ tetapi pertanyaanku. Menjauh dari wakil rakyat, kita melangkah ke lingkungan para seniman. Seorang Rendra yang seniman: sastrawan ulung sekalipun, dengan beraninya menyindir penyair-penyair yang selalu bersyair tentang keindahan. Padahal keburukan sepatutnya baik untuk dicatat. Padahal di sekitar, beragam persoalan membuntutinya. Ah, Rendra ingin merobek pikirannya. Ah, bodohlah penyair yang masa bodoh itu: membentur jidat penyair-penyair salon/ yang bersajak tentang anggur dan rembulan/ sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya. Serta dikorelasikan lagi dengan si pekerja cilik yang ditokohkan Rendra. Ah, mereka lagi. Yang selalu dibiarkan terlantar: dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan/ termangu-mangu di kaki dewi kesenian.

Bait kesepuluh: harapan. Rendra nampak pesimis: bunga-bunga bangsa tahun depan/ berkunang-kunang pandang matanya. Kita yang masih menatap masa depan, akan ke mana pada akhirnya? Itu yang dipersoalkan oleh Rendra. Kalau banyak berita kecewa di surat kabar, tak membuka kemungkinan bangsa akan maju. Apa yang mesti diharapkan? Yang belum terjawab adalah pekerjaan rumah bagi Negara, juga kita. Tuntunlah mereka untuk membalikkan peradaban yang usang. Mereka cikal-bakal nakhoda kapal kita: Indonesia. Jangan sampai karam. Berjuta-juta harapan ibu dan bapak/ menjadi gebalau suara yang kacau/ menjadi karang di bawah muka samudra.

Bait kesebelas: sepenuhnya ingin membukakan otak-otak manusia yang dangkal. Pekalah! Bagi yang selalu akan menjadi buruh, bukan guru. Kita harus sadar, kalau kita masih tertidur di bawah pangkuan atasan. Kita mesti berhenti membeli rumus-rumus asing/ diktat-diktat hanya boleh memberi metode/ tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan/ kita mesti keluar ke jalan raya/ keluar ke desa-desa/ mencatat sendiri semua gejala/ dan menghayati persoalan yang nyata.

Bait kedua belas: menegaskan sajaknya. Inilah sajakku/ pamflet masa darurat. Sekali lagi, bukalah mata bagi yang apatis terhadap keadaan yang ganjil. Biar seniman yang hidup sebebas-bebasnya sekalipun. Seni tak berarti seni bila buta akan permasalahan. Apakah artinya kesenian/ bila terpisah dari derita lingkungan. Sekali lagi, pekalah! Apakah artinya berpikir/ bila terpisah dari masalah kehidupan.

Bait ketiga belas: yang ingin ditujukan oleh pertanyaan-pertanyaan lantang. Kepadamu aku bertanya. Setidaknya, semua harus paham akan jawaban yang hendak dijawab. Meski terlambat, karena kritik pedas sudah menjamur.

0 komentar:

Posting Komentar